Sabtu, 18 Februari 2023

Keutamaan Mengajarkan Ilmu

Diantara keutamaan mengajarkan ilmu adalah akan dimintakan ampunan kepada Allah oleh semua hewan, lebih baik daripada mempunyai harta yang paling berharga, dan seperti mendapatkan pahala sedekah.

 

Sebuah hadis diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, dari Sahal bin Sa’ad radiyallahu anhu bahwa Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda, ‘’Sungguh Allah memberi petunjuk kepada seorang laki-laki melalui dirimu adalah lebih baik bagimu daripada kamu mempunyai unta merah (harta yang paling berharga).’’

 

Ibnu Abbas radiyallahu anhu berkata, ‘’Sesungguhnya orang yang mengajarkan kebaikan kepada manusia, maka semua hewan termasuk ikan di lautan akan memohonkan ampunan kepada Allah untuknya.’’ (Disahihkan oleh al albani secara marfu)

 

Manfaat ilmu bisa dirasakan oleh semua mahluk di bumi. Termasuk hewan yang akan disembelih bisa merasakan manfaatnya dengan disembelih menggunakan pisau tajam dan mengistirahatkannya. Maka Allah mengilhamkan istigfar kepada hewan-hewan sebagai balasan bagi ilmu yang telah mereka sebarkan.

 

Muadz bin Jabal pernah berkata, ‘’Pelajarilah ilmu karena mempelajarinya karena Allah merupakan sikap takut kepadaNya, mencarinya adalah ibadah, mengkajinya adalah tasbih, membahasnya adalah jihad, mengajarkannya kepada yang belum mengetahuinya adalah sedekah, usaha memberikannya kepada yang berhak adalah ibadah yang mendekatkan kepada Allah, ilmu adalah teman disaat kesendirian dan rekan dalam kesepian.’’

 

Allahu A’lam




Tidak ada komentar:
Write komentar