Senin, 20 Februari 2023

Kehidupan Dunia Sangatlah Singkat

Allah menciptakan segala sesuatu dengan sangat sempurna disertai hikmah dibalik itu semua. Allah menjadikan tubuh manusia yang awalnya gagah perkasa perlahan berubah menjadi tua renta lalu meninggal dunia.

 

Seorang anak muda dipanggil Allah ketika mencapai puncak masa remajanya dengan segala keberhasilan yang sedang dia raih. Ada juga seorang anak kecil yang belum genap satu tahun meninggal dunia dipangkuan kedua orangtuanya. Disisi lain Allah membiarkan orang tua renta masih hidup di dunia, padahal keberadaannya tidak lebih dari sebuah penderitaan.

 

Ada hikmah Allah dibalik itu semua yang tidak bisa digapai oleh akal manusia. Yang perlu dipahami oleh manusia bahwasannya hidup di dunia sangatlah singkat dan kematian akan datang kapan saja tanpa mengenal usia.

 

Allah subahanahu wataala berfirman, “Katakanlah, Sesungguhnya kematian yang kalian senantiasa berusaha lari darinya, dia pasti menemui kalian. Kemudian kalian akan dikembalikan kepada Dzat yang mengetahui perkara gaib dan perkara yang tampak, lalu Allah akan memberitakan kepada kalian apa-apa yang kalian kerjakan” (QS. Al-Jumu’ah: 8).

 

Allah subahanahu wataala berfirman, “Berapa tahunkah lamanya kamu tinggal di bumi?” Mereka menjawab, “Kami tinggal (di bumi) sehari atau setengah hari, maka tanyakanlah kepada mereka yang menghitung.” Dia (Allah) Berfirman, “Kamu tinggal (di bumi) hanya sebentar saja, jika kamu benar-benar mengetahui.“(QS. Al-Mu’minun: 112-114)

 

Ketika kita telah mengetahui tidak akan lama hidup di dunia. Masihkah kita akan bertengkar untuk kehidupan sesingkat sehari atau setengah hari ini? Ataukah berebut pembeli dagangan demi keuntungan untuk kehidupan yang akan segera berakhir ini? Sungguh merugi orang yang menjual akhiratnya demi kehidupan dunia.

 

Allahu A’lam




Tidak ada komentar:
Write komentar