Rabu, 15 Februari 2023

Berbahagialah Orang yang Belajar Ilmu Agama

Berbahagialah orang yang belajar ilmu agama dan merugilah bagi yang tidak mempelajarinya. Allah subahanahu wataala membedakan antara orang berilmu dan tidak berilmu, karena dari segi apa pun keduanya tidak bisa disamakan.


Allah subhanahu wataala berfirman, ‘’Katakanlah, ‘Adakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui?’’ (QS. Az-Zumar: 9)


Selain Allah tidak menyamakan orang berilmu dengan orang tidak berilmu, Allah juga meninggikan derajat orang yang berilmu diatas orang yang tidak berilmu.


Allah subhanahu wataala berfirman, ‘’Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat.’’ (QS. Al-Mujadalah: 11)


Ibnu Abbas radiyallahu anhu berkata, ‘’Para ulama memiliki derajat diatas orang-orang beriman sebanyak 700 derajat, jarak diantara dua derajat selama perjalanan 500 tahun.’’


Seseorang dengan ilmunya bisa mengetahui apa yang halal dan apa yang haram, dia bisa mengetahui cara mencari nafkah yang halal, dia mengetahui cara beribadah yang benar dan dengan ilmunya dia bisa menasehati dirinya dan orang lain. Banyak manfaat yang dia dapatkan dari ilmunya, dan ini merupakan bukti Allah menginginkan kebaikan kepada hambaNya dengan ilmu.


Dalam shahih bukhari dan shahih muslim, hadis dari Muawiyah bin Abi Sufyan berkata, ‘’Aku mendengar Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda,’Barangsiapa yang Allah inginkan kebaikan baginya, maka Allah fahamkan dia ilmu agama.’’


Allahu A’lam



Tidak ada komentar:
Write komentar