Rabu, 15 Februari 2023

Para Pengejar Dunia

Orang yang memiliki keutamaan dalam agama, umumnya tidak banyak memiliki harta dunia, karena dunia selalu berada di tangan orang-orang yang selalu mencintainya. Padahal dunia ini hanya untuk dilalui, bukan untuk diramaikan.


Dari Ibnu Umar Radhiyallahu anhuma, ia berkata, “Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam memegang kedua pundakku, lalu bersabda, ‘Jadilah engkau di dunia ini seakan-akan sebagai orang asing atau seorang musafir. (HR. Bukhari)


Kita bisa melihat apa yang dicapai orang-orang yang sangat cinta dunia hanyalah akan menyakitkan badan dan merusak agama. Jika kita renungkan, bisa jadi manusia lebih sedikit menikmati hidupnya dibandingkan dengan apa yang dinikmati hewan. Bahkan hewan mendapatkannya dengan tenang sedangkan manusia mendapatkannya dengan penuh kekhawatiran. Padahal Allah telah menjamin rizki hambaNya selama dia masih hidup.


Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Wahai manusia bertakwalah kepada Allah dan pilihlah cara yang baik dalam mencari rezeki, karena tidaklah suatu jiwa akan mati hingga terpenuhi rezekinya, walau lambat rezeki tersebut sampai kepadanya, maka bertakwalah kepada Allah dan pilihlah cara yang baik dalam mencari rezeki, ambillah rezeki yang halal dan tinggalkanlah rezeki yang haram” (HR. Ibnu Majah, dan Syaikh Al-Albani menshahihkannya).


Allahu A’lam



 

Tidak ada komentar:
Write komentar