Minggu, 12 Maret 2023

Kapan Waktu Pertama Berangkat Shalat Jumat ?

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa yang berangkat Shalat Jum’at pada jam pertama, seakan-akan berkurban dengan seekor unta. Siapa saja yang berangkat pada jam kedua, seakan-akan berkurban dengan seekor sapi. Siapa saja yang berangkat pada jam ketiga, seakan-akan berkurban dengan kambing bertanduk. Siapa saja yang berangkat pada jam keempat, seakan-akan menghadiahkan seekor ayam jantan. Siapa saja yang berangkat pada jam kelima, maka seakan-akan menghadiahkan sebutir telur.” (HR. al-Bukhari dan Muslim)

 

Para ulama berbeda pendapat dalam menentukan waktu ini, ada yang mengatakan waktu ini dimulai ketika terbit fajar. Ada juga yang mengatakan waktu ini dimulai ketika terbit matahari, dan ini adalah pendapat madzhab Syafi’i dan Hanbali.

 

Nampaknya pendapat kedualah yang lebih kuat, yakni jam pertama dimulai dari terbitnya matahari, karena waktu sebelum terbit matahari adalah waktu shalat shubuh. Dan kemudian berakhir ketika Imam berdiri untuk khutbah.

 

Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin pernah ditanya tentang makna waktu-waktu di atas, beliau menjawab, ‘’Waktu dari mulai terbitnya matahari sampai Imam datang (Khatib naik mimbar) dibagi menjadi lima bagian, terkadang setiap bagian seperti satu jam dan terkadang kurang atau lebih karena waktu berubah-rubah, maka lima jam adalah di antara matahari terbit dan imam datang untuk sholat (jum’at).’’

 

Dari penjelasan di atas kita bisa menyimpulkan bahwa jam yang disebutkan dalam hadits di atas adalah waktu di antara terbitnya matahari sampai imam atau khatib naik mimbar kemudian dibagi menjadi lima bagian. Maka waktu pertama untuk berangkat shalat jumat yaitu setelah terbit matahari.

 

Allahu A’lam




Tidak ada komentar:
Write komentar