Jumat, 30 Juni 2023

Berapa Kali Seorang Muslim Wajib Mengerjakan Haji ?

Ibadah haji dilakukan oleh kaum muslimin baik yang jaraknya dekat dengan baitullah atau pun yang jaraknya jauh dari baitullah. Sehingga ibadah ini membutuhkan persiapan fisik yang kuat, bekal yang cukup dan keamanan dalam perjalanan. Oleh karena itu Allah subhanahu wataala memberikan keringan kepada hambaNya untuk wajib mengerjakan haji hanya satu kali seumur hidupnya.

 

Dari Ibnu ‘Abbas, ia berkata,

 

خَطَبَنَا رَسُولُ اَللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – فَقَالَ: – ” إِنَّ اَللَّهَ كَتَبَ عَلَيْكُمُ اَلْحَجَّ ” فَقَامَ اَلْأَقْرَعُ بْنُ حَابِسٍ فَقَالَ: أَفِي كَلِّ عَامٍ يَا رَسُولَ اَللَّهِ? قَالَ: ” لَوْ قُلْتُهَا لَوَجَبَتْ, اَلْحَجُّ مَرَّةٌ, فَمَا زَادَ فَهُوَ تَطَوُّعٌ ” – رَوَاهُ اَلْخَمْسَةُ, غَيْرَ اَلتِّرْمِذِيِّ

 

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah berkhutbah di hadapan kami dan berkata, “Allah telah mewajibkan haji pada kalian.” Lantas Al Aqro’ bin Habis, ia berkata, “Apakah haji tersebut wajib setiap tahun?” Beliau berkata, “Seandainya iya, maka akan kukatakan wajib (setiap tahun). Namun haji cuma wajib sekali. Siapa yang lebih dari sekali, maka itu hanyalah haji yang sunnah.” Dikeluarkan oleh yang lima selain Imam Tirmidzi. (HR. Abu Daud no. 1721, Ibnu Majah no. 2886, An Nasai no. 2621, Ahmad 5: 331. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa hadits ini shahih)

 

Lalu apabila seseorang mempunyai kemampuan untuk mengerjakan haji setiap tahun maka boleh untuk mengerjakannya, namun haji yang ke dua dan seterusnya hukumnya sunnah.

 

Allahu A’lam

 


 

Tidak ada komentar:
Write komentar