Selasa, 14 Februari 2023

Memanfaatkan Waktu

Wajib bagi seorang muslim untuk mengetahui betapa mulia dan berharganya waktu. Sehingga ia tidak akan menggunakannya dalam perkara sia-sia.

 

Suatu ketika seseorang datang kepada Amir bin Abdi Qais lalu berkata, ‘’Mari kita berbincang-bincang sebentar.’’ Abdu Qais menjawab,’’Aku mau berbincang denganmu jika engkau bisa menghentikan matahari dari peredarannya (menghentikan waktu).’’

 

Ibnu Tsabit Al Banani berkata, ‘’Aku datang menemui ayahku dan ingin mengajaknya bicara, tetapi ia berkata,’’Wahai anakku, biarkanlah aku. Aku sedang  melakukan dzikirku yang ke enam.’’

 

Jika seseorang menyadari bahwa kematian akan memotong seluruh usaha dan amalnya. Maka ia akan senantiasa beramal dan berusaha untuk mendapatkan pahala yang abadi.

 

Jika memiliki harta, ia akan berusaha untuk mewakafkannya. Berusaha membangun keluarga yang bisa mendoakan dirinya ketika telah wafat. Berusaha menulis buku yang bisa diambil ilmunya oleh semua orang. Itulah manusia yang tidak pernah mati. Mereka adalah manusia yang mati jasadnya, namun manfaatnya selalu hidup.

 

Allahu a’lam



Tidak ada komentar:
Write komentar